Selasa, 27 April 2010

Tawanan Lanjutkan Aksinya di Penjara


Tawanan Lanjutkan Aksinya di Penjara

Gaza – Infopalestina: Komisi nasional perlindungan tawanan menyebutkan, hari ini (27/4) tawanan Palestina di penjara Israel kompak melakukan aksi mogok makan untuk ketiga kalinya selama bulan ini.

Pejabat bidang informasi di komisi perlindungan tawanan, Riyad Al-Asyqar dalam pernyataannya persnya kemarin (26/4) Al-Asyqar mengatakan, tawanan Palestina masih terus melakukan aksi protesnya terhadap kebijakan pengelola penjara Israel, walau mendapatkan tekanan dan intimidasi dari mereka. Israel berupaya menghentikan aksi mogok makan para tawanan Palestina dengan berbagai cara, hingga pemindahan atau penyerbuan ke sejumlah ruangan yang dilakukan aksi oleh sejumlah tawanan.

Ia mengatakan, sejak awal pemerintah Israel berupaya untuk menggagalkan aksi mogok ini. Namun upaya mereka tidak berhasil, kemudian mereka melakukan ancaman lalu meningkat ke hukuman fisik hingga pengasingan sejumlah tawanan yang melakukan aksi mogok. Seperti di penjara Jalbu, sejumlah tawanan dilarang melakukan aktivitas olah raga dan mencopot sejumlah kipas angin dari setiap ruangan tawanan.

Al-Asyqar menjelaskan, pasukan Israel di penjara Over bahkan menyerbu ruangan dan menganiaya beberapa orang diantaranya. Akibatya dua tawanan sesak napas akibat menghirup gas beracun. Sementara itu, di penjara Damona yang khusus untuk tawanan wanita. Pihak penjara melarang para tawanan wanita Palestina keluar ruangan sebagaimana biasanya. Mereka juga dilarang menerima makanan dari kantin atau mengirim surat ke luar. Dan di penjara Ber Seba pengelola penjara memindahkan sejumlah pimpinan tawanan dan hal yang sama dilakukan di penjara Nagev. (asy)

0 komentar:

Posting Komentar

BThemes

Sponsor

Heroes Myspace Comments

Chat Coy...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More