Sabtu, 20 Maret 2010

Materi Ceramah Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP YPJ Kuala Kencana – Papua


Materi Ceramah Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP YPJ Kuala Kencana – Papua

Materi Cerama Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP YPJ KKApakah pendidikan tentang Lingkungan hidup, penting untuk dimasukan dalam kurikulum muatan lokal maupun kurikulum muatan nasional agar dapat dibelajarankan dalam setiap jenjang mendidikan dasar dan menengah yang ada?

Pada dua bulan pertama pertemuan dengan siswa dalam kelas Pendidikan Lingkungan Hidup yang saya tangan, ketika materinya saya catat di papan tulis, terdengar suara siswa yang mengatakan PLH “Epenkah”. maksudnya Pentingkah? lalu saya selalu menjawab Penting ‘Nak. Disambung dengan penjelasan yang sederhana tentang peran lingkungan terhadap keberlangsungan kehidupan di bumi serta ancaman-ancaman tentang kehidupan yang sedang dirasakan oleh segala mahluk di bumi dan yang akan dialami jika semua pihak secara kolektif tidak mengambil tanggung jawabnya dalam menyelamatkan bumi.

Hal serupa juga datang dari orang tua murid yang mengatakan “PLH emang penting ya“. Sampai-sampai pernyataan: “Wah Sekolah udah mempekerjakan anak di bawah umur” karena harus olah sampah, tanam tanaman di pekarangan sekolah, bersihkan parit dan seterusnya.

Untuk menjawab ini maka sekolah dalam hal ini kami sebagai guru PLH bekerjasama dengan Kepala Sekolah dan Parnert kami dari Dept.Environment PT Freeport Indonesia melakukan konsientisasi kepada orang tua murid, pertemuan antara pihak sekolah dan pihak orang tua lalu memaparkan Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup sekolah.

Salah satu Materi ceramahnya adalah PLH Pentingkah?

Kesaksian: Rudolf Pigai, STh. Guru Pendidikan Lingkungan Hidup, Kuala Kencana – Mimika – Papua

0 komentar:

Posting Komentar

BThemes

Sponsor

Heroes Myspace Comments

Chat Coy...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More